Belajar Rajut Itu Mudah

April 23, 2021


Bagaimana sih awalnya saya memulai merajut dan menyukai seni rajut? yaa.. awal mulanya karena saya melihat toko online shop yang menjual hasil karya seni rajut yaitu tas. Tas rajut handmade yang dibuat dengan teknik corchet itu memiliki nilai etnik yang membuat hati saya tertarik untuk membelinya. Tapi ketika melihat harga jual tas rajut itu lumayan mahal dan untuk membelinya saya harus berpikir ulang karena masalah harga. Disitu saya berfikir kenapa gacoba aja untuk belajar merajut. 
Belajar merajut pun mulai saya lakukan dengan belajar bersama saudara. Saya memulai belajar merajut untuk pemula. Pertama tentu saja bagaimana cara memegang hakpen, kedua bagaimana membuat chain stitch (tusuk rantai), itu saya lakukan berulang-ulang sampai tangan saya tidak kaku. Kemudian jika chain stitch sudah mahir maka untuk melakukan teknik rajut lainnya akan mudah seperti single crochet (tusuk tunggal, half-double crochet (tusuk hdc), dan double crochet (tusuk ganda).
Saya disini ingin membagikan tips mengasah kemampuan merajut buat kalian yang ingin belajar merajut. Menurut saya jika baru mulai belajar merajut, yang harus disiapkan selain alat dan bahan adalah materi crochet yang jelas dalam bentuk praktik langsung dari yang ahli, jika tidak ada kerabat yang ahli dalam bidang merajut kalian bisa melihat dalam bentuk video tutorial. Mengapa harus video? Karena selain kita bisa langsung melihat dan praktik sekaligus. 
Meniru secara langsung melalui video lebih efektif, karena:
1. Kita bisa melihat cara memegang hakpen dengan benar dan nyaman.
2. Kita bisa melihat bagaimana mengait lubang mana yang dimasuki hakpen dan membuat tusuk dengan tepat.
3. Kita bisa mengulang video jika kurang jelas.
4. Metode lewat video cocok untuk tipe pembelajaran visual, auditori, dan kinestetik sekaligus.
5. Banyak sekali tutorial gratis untuk membuat karya rajut. 

Jadi apa kunci belajar merajut? Ada 3 hal yang saya rumuskan berdasarkan pengamatan dan pengalam pribadi.
1. Ulet dan pantang menyerah 
2. Belajar dari dasar dengan optimis
3. Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan

Pada awal tahun 2020 pada bulan Maret, Indonesia mengonfirmasi terinfeksi virus Corona. Pemerintah telah mengeluarkan berbagai macam kebijakan untuk menangani pandemi COVID-19. Salah satu kebijakannya yaitu diberlakukannya social disatancing, physical distancing bagi masyarakat Indonesia. Upaya tersebut menyebabkan hampir seluruh kegiatan dilakuan dirumah saja. Tentu bagi sebagian orang akan merasa bosan karena ruang kegiatan lebih terbatas. Karena itu  kita bisa mencari hobi baru salah satunya adalah merajut.  
Dahulu, merajut selalu identik dengan nenek-nenek dan terkesan kuno. Hal itu disebabkan oleh kebiasaan yang telah berkembang di masyarakat zaman dahulu, yaitu para lansia yang umumnya menikmati masa tuanya dengan kegiatan merajut. Seiring berkembangnya zaman, kini merajut sudah mulai digemari oleh kaum muda. Banyak kamu muda yang mulai tertarik dan berminat untuk mempelajari seni mengaitkan benan ini termasuk saya. 
Ternyata selain sebagai hobi banyak manfaat yang bisa didapatkan dari merajut loh. Apa saja sih manfaat dari merajut yang akan kamu dapatkan?

Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan dari Merajut
1. Kegiatan mengisi waktu luang
Diberlakukannya karantina karena pandemi kita diharuskan agar dirumah saja. Dengan begitu banyak waktu lyang yang menyebabkan saya bingung untuk melakukan apa dirumah. Saya pu mulai tertarik dan belajar merajut dengan saudara dan dilanjutkan secara otodidak dengan melihat video di Youtube.

2. Merajut dapat meningkatan kepercayaan diri
Orang-orang di sekitar saya masih banyak yang belum mengetahui cara merajut. Hal ini membuat saya bangga atas diri saya karena bisa menguasai teknik rajut walaupun masih dalam tahap belajar. Reaksi positif dari orang lain saat tahu hasil rajutan yang saya buat sebetulnya hasil jerih payah sendiri bisa membuat saya semakin percaya diri.

3. Merajut dapat membuka peluang usaha
Jika Anda sudah cukup mahir dalam merajut, keterampilan ini tentu sayang apabila digeluti sebatas hobi saja bukan? Maka, jangan hanya dijadikan hobi saja. Jadikan keterampilan rajut ksmu sebaai ladang bisnis yang menghasilkan uang.


Dibawah ini saya ingin memperlihatkan beberapa hasil karya merajut yang saya buat.









Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.